ANALISA GEOMETRIK JALAN PADA TANJAKAN AKSES TOL JAKARTA – MERAK MENUJU KOTA TANGERANG

  • Siti Abadiyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Gita Amalia Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Geometrik, Tanjakan, Kota Tangerang

Abstract

Kemacetan yang terjadi memiliki penyebab yang beragam. Salah satunya pada geometrik jalan yang perlu disesuaikan dengan standar dan peraturan yang ada. Pada tanjakan akses tol Jakarta-Merak dari arah Gading Serpong menuju kota Tangerang menjadi salah satu area yang memiliki waktu macet yang tidak terjadwal. Terjadi kemacetan diluar jam-jam sibuk apalagi pada saat jam sibuk. Adapun Masalah yang diangkat ialah: Berapa Nilai LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) pada area tersebut? Berdasarkan pertanyaan 1 apakah Apakah geometrik jalan pada tanjakan akses Tol Jakarta-Merak sudah memenuhi syarat atau tidak?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dimana membuat gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang disajikan berdasarkan perhitungan standar yang ada. Pengujian data menggunakan Standar Bina Marga  1997 untuk mendapatkan nilai: Volume lalu lintas harian rencana, Perhitugan kecepatan lapangan, Analisa JPH dan JPM, Analisa aliyemen horizontal, Analisa ruang bebas samping, Analisa superelevasi, dan Analisa pelebaran tikungan. Berdasarkan analisis data yang terkumpul didapat jumlah VLHR (volume lalu lintas harian rata-rata) sebesar 18681 SMP/Hari berdasarkan jumlah VLHR jalan termasuk pada jalan kolektor kelas III. Pada kelas jalan ini berdasarkan Standar Bina Marga 1997 belum memiliki standar yang sesuai karena memiliki lebar lajur 6 m, lebar bahu 0,5, kecepatan lapangan 30 KM/Jam, JPH 9m, JPM 9m, ruang bebas samping 0,5, superelevasi -6,65%.

References

Abdurrahman, Irfan Faris. 2018. Evaluasi Geometri Di Tikungan Black Spot Pada Jalan Pantura Sunan Bonang Sta.17+180 – 17+830 Kabupaten Rembang. Tugas Akhir MahasiswaTeknik Sipil Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Arbaiyah. 2013. Analisis Geometrik Tikungan Padangluhong Pasir Pengaraian. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pasir Pengaraian. Riau.
Bara, Rezkitha Firmani. 2018. Analisis Geometri Jalan Pada Titik Blackspot Jalan Yogyakarta – Wonosari. Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Direktorat Jendral Bina Marga 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta Google Maps. 2019. Peta Lokasi Penelitian Jalan Akses Tol Jakarata – Merak. Diakses (20 Agustus 2018)
Hendarsin, S. L. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Politeknik Negeri Bandung. Bandung.
Kurniawan, Febri. 2018. Analisis Geometrik Pada Tikungan Ruas Jalan Raya Magelang – Kopeng dan Jalan Raya Soekarno – Hatta (Pertigaan Canguk). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tidar. Magelang.
Margareth, E. Bolla, Sudiyo Utomo dan Patra Gumay. 2014. Analisis Geometrik Ruas Jalan Batuputih-Batas Kota Soe Km.96+400 s/d Km. 98+600. Jurnal Mahasiswa Universitas Nusa Cendana. Kupang.
Santoso, Heru Budi. 2011. Analisis Hubungan Geometrik Jalan Raya Dengan Tingkat Kecelakaan (Studi Kasus Ruas Jalan Ir. Sutami Surabaya). Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Published
2020-03-05
How to Cite
Abadiyah, S., & Amalia, G. (2020). ANALISA GEOMETRIK JALAN PADA TANJAKAN AKSES TOL JAKARTA – MERAK MENUJU KOTA TANGERANG. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 2(01), 9-16. Retrieved from https://lppm-unbaja.ac.id/ejournal/index.php/josce/article/view/861