FAKTOR KEAMANAN TRANSAKSI DAN PERSEPSI RESIKO DALAM MEMUTUSKAN PENGGUNAAN LAYANAN PERBANKAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN NASABAH
Abstract
Penyediaan layanan digital banking yang berkualitas memiliki tantangan besar salah
satunya yaitu faktor keamanan yang memadai dan persepsi resiko yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan transaksi dan persepsi
resiko terhadap keputusan nasabah menggunakan layanan digital banking BNI Direct
melalui kepercayaan nasabah sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan pada 78
orang responden yang diambil dari 39 nasabah non per orangan pengguna BNI Direct.
Analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS versi 2.3.0m3. Berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh hasil keamanan transaksi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepercayaan nasabah maupun keputusan pembelian. Persepsi resiko
berpengaruh signifikan negatif terhadap kepercayaan nasabah namun tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan nasabah berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian.