SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW “ANALISIS PERSEPSI PASIEN: SURVEI KEPUASAN PASIEN DI BEBERAPA FASILITAS KESEHATAN PUBLIK”
Abstract
Waktu Tunggu Pasien adalah waktu yang di habiskan pasien untuk menerima pelayanan kesehatan mulai dari tempat pendaftaran hingga masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab lamanya waktu tunggu pasien di pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode studi literature review dengan tujuan mendapatkan informasi setiap peneliti jurnal yang lebih aktual dan akurat mengenai faktor penyebab lamanya waktu tunggu di masing-masing pelayanan Kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik. Hasil dari pembahasan studi literature review durasi atau lamanya waktu tunggu di pelayanan RS sebagian besar tidak sesuai dengan peraturan Kepmenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang hal ini telah menjadi keharusan di setiap layanan kesehatan yang ada, untuk menjamin kualitas layanan prima sebagai hasil akhir dari produk kesehatan yang ditawarkan. Setiap unit pelayanan dan manajemen rumah sakit telah menentukan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagai acuan standar pelayanan yang harus dipenuhi. Salah satu indikator SPM rawat jalan yang berhubungan dengan antrian adalah lama waktu tunggu adalah 60 menit.
References
Arini, H. D. (2020). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Depo Farmasi RS X. Lombok Journal of Science (LJS), 40-46.
Bustani, N. M. (2015). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat. Jurnal e-Biomedik (eBm), 872-883.
Erlina Puspitaloka Mahadewi, A. H. (2019). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru. Gorontalo of journal public health, 10.
Hermiati, F. H. (2017). Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Radiologi. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 42-50.
M. Toto Sugiharto, Y. P. (Jakarta tahun 2018). Analisis Waktu Tunggu Pasien BPJS Studi Kasus Pada Poli Internis Rumah Sakit Ha. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 65-73.
Mahmud, A. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS. Universitas Sjakhyakirti Palembang, 23-36.
Rahayu, H. R. (2023). Analisis Waktu Tunggu Dan Waktu Pelayanan Di Klinik. Universitas Teknologi Digital Bandung, 1023-1029.
Toreh, E. E. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Universitas Sam Ratulangi, 3118-324.
Wowor, A. Y. (2022). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien BPJS. Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, 120-126.
Zayanthy, P. (2017). Analisis Waktu Tunggu Pasien Poliklinik Obgyn Untuk Mendukung. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 21-29.
Copyright (c) 2023 JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.